Obama Berjanji Tidak Mendukung Peperangan

Selasa, 22 Januari 2013 07:07 wib

XUyjVukkV4

WASHINGTON – Dalam pidato inagurasi pelatikannya, Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama menjanjikan aliansi yang kuat bagi seluruh negara di dunia ini. Obama pun berkomitmen untuk menjamin keamanan tanpa memicu peperangan.

“Amerika akan tetap menjadi jangkar bagi aliansi yang kuat di seluruh penjuru dunia,” ujar Obama, seperti dikutip AFP, Selasa (22/1/2013).

“Dan kami akan memperbaharui institusi-insitusi yang akan memperluas kemampuan kami guna mengatasi krisis di dunia ini. Tidak ada yang bisa bertaruh di dunia ini kecuali bangsa yang paling kuat,” tegas Obama.

Presiden berkulit hitam itu menyinggung isu berakhirnya Perang Irak dan penarikan mundur pasukan Afghanistan. Hal itulah yang disebut Obama sebagai kebijakan untuk menghindari peperangan yang abadi.

“Kami, warga AS tetap yakin, menjamin keamanan dan menciptakan perdamaian tidak memerlukan peperangan yang abadi,” paparnya.

Obama turut bersumpah untuk mendukung demokratisasi di wilayah Asia hingga Afrika, serta dari Benua Amerika hingga ke Timur Tengah. Hal itu dipandang Obama sebagai kepentingan nasional AS.

Pemerintahan Obama selama ini mencoba untuk memperkuat hubungannya dengan negara-negara di kawasan Asia. Obama pun mulai tertantang dengan menyaksikan peningkatan kapabilitas militer China dan sikap agresif Negeri Panda itu dalam isu klaim teritorial.

Inagurasi Obama juga berlangsung di saat Prancis menyerbu Mali. Di saat yang sama, AS menerima kritik pedasnya karena AS kurang aktif mendukung Prancis.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s